Bila Direksi Kurang Berminat Pada Good Corporate Governance

Status: Published . 2010-01-20 @ 07:17:14 by djajendra

“Anda Tidak Mungkin Memaksakan Penerapan Good Corporate Governance Jika Para Direksi Anda Tidak Bersepakat Untuk Itu.” – Djajendra

Andhang Satria Bertanya?

Saya sekarang sedang menjalankan perusahaan yang bergabung di sebuah group company. Permasalahan saya adalah management group yang saya naungi sekarang menganut system management retail. Sedangkan saya lebih mengarah ke corporate governance perlahan namun pasti, saya mulai menerapkan system saya ke company ini. Tetapi banyak sekali kendala yang harus saya hadapi.
1. SDM yang belum siap (termasuk para direksi)
2. Pola pikir masih ke arah retail.
Para direksi tidak pernah berfikir untuk investasi jangka panjang mereka hanya berfikir bagaimana langkah berikutnya itu saja setelah permasalahan datang.
Pertanyaan: bagaimana saya harus bersikap pada perilaku para direksi yang menganut system retail tersebut?
Terkadang saya capek sendiri dengan gagasan yang saya sampaikan terkadang tidak cocok. Pada prinsipnya mereka setuju system coporate.Tapi mereka tidak mau mengerti proses untuk menjadi korporat. Mohon jawabanya terima kasih, Andhang Satria.

Djajendra Menjawab!

Dear Andhang Satria,

Sikap Anda untuk mengarahkan perusahaan Anda ke corporate governance adalah perbuatan yang sangat terpuji. Artinya, Anda begitu peduli untuk mengelola perusahaan Anda secara profesional dengan prinsip-prinsip good corporate governance. Seharusnyalah para direksi berterima kasih dan mendukung Anda untuk hal ini. Persoalannya, mereka tidak mendukung Anda. Percayalah bahwa para direksi tersebut bukannya tidak memahami maksud Anda, tapi mereka sangat pintar untuk mengikuti saran Anda. Para direksi Anda tersebut telah memiliki mind set yang sangat mengakar untuk membimbing bisnis, investasi, dan keuangan kelompok mereka melalui intuisi dan cara-cara unik mereka yang hebat. Hal ini sangat lumrah terjadi dalam praktik bisnis, setiap pendiri perusahaan selalu memiliki resep unik dalam pengelolahan perusahaan. Jadi, tidak selalu hal-hal normatif, teori, atau konsep produk akademik mau mereka terima untuk bisnis mereka.
Selama para stakeholder tidak menginginkan praktik corporate governance yang penuh etika dan integritas, maka semua kerja keras Anda hanya akan menjadi sia-sia.
Untuk mempersiapkan sdm yang bekerja dengan budaya good corporate governance tidaklah sulit, asal pimpinan tertinggi perusahaan mau membuat kebijakan untuk itu. Lalu, mau melatih dan mempersiapkan sdm nya untuk bekerja dengan prinsip-prinsip good corporate governance.
Sikap Anda yang terbaik adalah memulai pelaksanaan good corporate governance dari diri Anda, dari unit kerja yang Anda pimpin, dari para staf langsung Anda. Buktikan kepada para direksi melalui cara kerja Anda bahwa corporate governance itu mampu membuat perusahaan lebih sukses.
Jangan paksa para direksi untuk menerima sesuatu hal yang tidak mereka sukai. Bila mereka merasa terganggu dengan kehadiran Anda, mereka akan mencari-cari alasan untuk menyingkirkan Anda dari perusahaan mereka. Sekian dan terima kasih. Have a great day!

Untuk seminar/training hubungi www.ninecorporatetrainer.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s