MENGELOLA WAKTU AGAR CUKUP DALAM SATU HARI

MENGELOLA WAKTU AGAR CUKUP DALAM SATU HARI

“Ketika Diri Sudah Terlalu Sibuk Dalam Kesibukan Hidup, Maka Diri Sudah Masuk Ke Dalam Perangkap Yang Memperbudak Diri Sendiri, Tanpa Berdaya Untuk Mengembangan Bakat Dan Hobi Buat Kesenangan Hati.” – Djajendra

Pertanyaan

Saya selalu merasa terlalu sibuk dan kewalahan dengan segala sesuatu yang harus saya lakukan. Bagaimana cara terbaik untuk mengelola waktu agar cukup dalam satu hari?

Djajendra Menjawab

Merasa terlalu sibuk dan kewalahan dengan segala sesuatu yang harus dikerjakan, adalah tanda bahwa manajemen waktu belum dikelola secara efektif. Dan Anda, sama seperti orang-orang super sibuk lainnya, hanya memiliki waktu 24 jam dalam satu hari, sekarang Anda harus belajar untuk mengelola waktu dengan lebih efektif, agar tidak lagi merasa kewalahan dengan yang harus Anda lakukan.

Manajemen waktu merupakan bagian dari manajemen diri untuk manajemen kehidupan yang efektif. Manajemen kehidupan yang efektif adalah kemampuan untuk menciptakan keseimbangan antara waktu untuk pekerjaan, keluarga, kehidupan sosial, pengembangan potensi diri sendiri, dan untuk pengembangan hobi. Bila kesibukan rutinitas yang sangat kewalahan itu membuat diri sulit menciptakan keseimbangan hidup, maka diri berpotensi kehilangan kemampuan untuk menciptakan waktu luang, untuk membuat diri lebih santai dan rileks bersama kehidupan yang berkualitas.

Karena Anda sudah terbiasa untuk sangat sibuk dan kewalahan dengan segala sesuatu yang harus Anda lakukan, maka cara terbaik untuk mengelola waktu agar cukup dalam satu hari, adalah dengan membangun keyakinan di dalam diri bahwa semua kesibukan Anda itu bisa ditata ulang. Untuk itu, Anda harus yakin bahwa Anda memiliki ruang untuk perbaikan melalui strategi manajemen waktu yang tepat.

Selanjutnya, pastikan Anda selalu bekerja dengan menetapkan prioritas untuk mencapai sesuatu tujuan dengan manajemen waktu yang efektif dan produktif. Pastikan Anda memiliki disiplin diri yang tinggi untuk mematuhi semua prioritas yang harus Anda lakukan setiap hari, untuk mencapai tujuan manajemen waktu Anda. Pastikan Anda mampu mengambil waktu untuk semua prioritas Anda sesuai dengan rencana yang ada di dalam manajemen waktu Anda. Pastikan Anda selalu mampu menenangkan ego, ambisi, dan nafsu Anda yang mencoba melalaikan prioritas Anda bersama disiplin manajemen waktu Anda.

DJAJENDRA