TIM BERDEBAT SECARA TIDAK RASIONAL

TIM BERDEBAT SECARA TIDAK RASIONAL

Pertanyaan.

Saya bekerja dalam tim yang selalu berdebat secara tidak rasional. Akibatnya pekerjaan sering tertunda, dan tim selalu gagal memenuhi target. Mohon jalan keluarnya?

Djajendra Menjawab

Keberadaan tim dimaksudkan agar semua anggotanya saling tolong menolong melalui cara kerja yang berkolaborasi, bersinergi, berkomunikasi, berkoordinasi, dan meminimalkan perbedaan yang dapat merusak kekompakkan tim. Oleh karena itu, perdebatan secara tidak rasional adalah hal yang tidak etis dalam kerja sama tim. Bila para anggota tim saling bersikeras secara tidak rasional, maka keadaan ini akan melemahkan kekuatan kerja sama diantara para anggotanya.

Perlu dipahami bahwa sikap tidak rasional selalu akan menjadi hal yang tidak masuk akal, sehingga bila hal yang tidak masuk akal ini diperdebatkan, maka pastilah kinerja tim akan terus merosot. Oleh karena itu, diperlukan kepemimpinan tim yang tegas dan berpengaruh, untuk menemukan titik temu atas semua perdebatan dalam tim.

Sikap proaktif  dari pemimpin tim untuk menemukan sumber perdebatan, dan memotivasi kembali para anggota tim untuk menjadi solid dalam kerja sama, akan menjadi hal yang dapat mengatasi masalah perdebatan tersebut.

Djajendra