Evaluasi Diri

Menulis dan memberikan jawaban kepada kepentingan publik bukanlah persoalan sederhana. Sangat beragam perilaku dan latar belakang seseorang untuk dapat memahami apa yang kita tulis dan apa yang kita jawab. Bila persepsi, logika berpikir, dan sistem keyakinan sudah berbeda, maka sinisme pasti akan menjadi ukurannya. Tetapi, bila persepsi, logika berpikir, dan sistem keyakinannya selaras dengan yang ditulis dan yang dijawab; maka pujian yang menjadi ukurannya.

Ketika saya telah memposisikan diri sebagai murid pembelajar seumur hidup dalam melayani reaksi emosi dan reaksi perilaku, saya harus sangat berterima kasih, karena sangat banyak pengetahuan dan pelajaran yang saya dapatkan dari guru-guru saya yang luar biasa sempurna.

Menulis dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya kadang-kala terasa sangat abstrak, telah membuat naluri saya semakin termotivasi untuk menekuni pengetahuan tentang perilaku dan emosional manusia.

Saya menemukan orang-orang yang sangat unik, dengan beragam karakter, yang kadang-kala diawalnya tidak saya duga. Tapi karena saya seorang murid, maka semuanya menjadi materi pelajaran yang sangat berharga buat kemajuan karir dan cita-cita saya.

Ciri orang bersyukur adalah yang suka mengucapkan terima kasih dari hati yang paling tulus atas semua bantuan orang lain sekecil apa pun. Karena saya selalu berlatih untuk menjadi orang yang bersyukur terhadap semua realitas, maka motivasi saya selalu terdorong untuk mengucapkan terima kasih kepada siapa pun yang telah menjadi guru-guru saya, baik melalui pertanyaan atau pun tanggapan dari tulisan-tulisan yang saya sajikan buat dibaca oleh publik dimanapun berada.

Terima kasih untuk guru-guru ku yang luar biasa sempurna. Komentar dan pertanyaan-pertanyaan Anda telah membuat saya menjadi murid yang semakin menekuni pelajaran-pelajaran tentang kehidupan pribadi, organisasi, dan pekerjaan.

Djajendra