APA DAMPAK BURUK DAN BAIK DARI SERING BERHAYAL?

APA DAMPAK BURUK DAN BAIK DARI SERING BERHAYAL?

Pertanyaan

Apa dampak buruk dan baik dari sering berhayal?

Djajendra Menjawab

Hayalan yang terus menerus terhadap sebuah objek akan didokumentasikan oleh pikiran bawah sadar, dan dapat diwujudkan menjadi hal yang nyata di dalam kehidupan.

Ada seorang teman yang berhayal untuk memiliki butik. Lebih dari tiga tahu dia berhayal tentang bentuk, warna, isi, dan cara pelayanan butiknya itu dengan sangat detail; sehingga seolah-olah setiap hari dia bekerja untuk butiknya. Sambil berhayal dia pun bertindak mengumpulkan sumber daya modal untuk mendirikan butiknya itu. Setelah merasa sudah cukup sumber daya modalnya, dia pun mulai bertindak untuk mewujudkan butiknya tersebut, dan hari ini hasil hayalannya itu sudah berwujud butik yang melayani orang banyak.

Sangat banyak orang memulai sebuah perjalanan hidupnya dari sebuah hayalan. Saya sendiri sering sekali membuat materi-materi pelatihan dari hasil hayalan yang diperkuat dengan pengalaman, riset, dan pembelajaran. Banyak  hal yang awalnya hanya merupakan hayalan saja; pada akhirnya melalui tindakan yang serius dapat dilahirkan dalam wujud benda, barang, karya, atau apa saja.

Saya tidak menemukan dampak buruk dari hayalan-hayalan yang bersifat positif untuk mendukung visi hidup. Tetapi, bila setiap hari hanya berhayal tanpa bertindak sesuai realitas yang ada, maka hayalan itu berpotensi membuat diri menjadi malas. Hayalan yang baik adalah yang ditindaklanjuti dengan sebuah rencana untuk diwujudkan sesuai keinginan.

Semua hal besar di dalam hidup selalu dimulai dari imajinasi atau hayalan, lalu diri dipaksa melalui kreatifitas dan motivasi yang tinggi, untuk melahirkan semua hayalan itu menjadi karya dan benda dalam wujud nyata.

DJAJENDRA

Advertisements