MENGHINDARI BELENGGU MASA LALU

Pertanyaan

Bagaimana cara menghindari belenggu masa lalu, karena masa laluku membuat diriku sulit menjawab tantangan hari ini dan masa depan?

Djajendra Menjawab

Masa lalu adalah keadaan yang sudah terkubur bersama realitas kehidupan di saat itu. Dan sekarang Anda hidup untuk realitas hari ini, oleh karena itu, lakukan perubahan dan siapkan diri Anda untuk menjawab kebutuhan hidup Anda di hari ini dan hari esok.

Bila Anda masih terus hidup di masa lalu, maka hari ini dan hari esok akan menjadi hari-hari yang penuh kepalsuan. Sebab, Anda masih hidup untuk sesuatu yang telah lewat, padahal Anda harus menjawab tantangan kehidupan untuk hari ini dan masa depan Anda.

Cara melupakan masa lalu adalah dengan menyibukkan diri terhadap pekerjaan dan tanggung jawab kehidupan sehari-hari. Ciptakan rutinitas dan aktifitas yang membuat diri Anda seolah-olah sangat sibuk dengan pekerjaan yang produktif, serta jangan pernah memberikan waktu dan ruang untuk masa lalu, yang menyebabkan kepribadian dan daya tahan mental Anda melemah.

Masa lalu telah berlalu, dan sangatlah tidak cerdasnya diri kita bila mau membiarkan diri ini dijebak oleh masa lalu. Apalagi, bila masa lalu itu tidak membawa manfaat positif, malah menjadi beban mental yang memundurkan kemajuan diri dan daya tahan diri. Lupakan masa lalu dan fokuskan semua energi dan potensi diri untuk kehidupan hari ini dan hari esok yang lebih luar biasa.

DJAJENDRA