MENCEGAH KONFLIK

Pertanyaan

Bagaimana cara mencegah konflik saat meeting dengan unit kerja lain?

Djajendra Menjawab

Cara yang paling efektif untuk mencegah konflik saat meeting adalah dengan memiliki tujuan pertemuan yang sangat jelas untuk semua pihak. Termasuk, kontribusi atau pelayanan yang diharapkan dari masing-masing pihak sudah harus ditulis secara terinci, dan diberikan sebagai tanggung jawab, untuk ditemukan solusi melalui pertemuan tersebut. Sehingga, setiap pihak di pertemuan tersebut perhatiannya sejak awal sudah difokuskan untuk berkontribusi kepada kewajiban masing-masing, tanpa boleh mengintervensi kewajiban dari unit kerja yang lain. Di samping itu, setiap peserta pertemuan secara kepribadian sudah harus memiliki kompetensi kecerdasan emosional, moral, etika, dan kepemimpinan diri sendiri yang unggul, agar dirinya bisa lebih menghindari konflik, dan bisa lebih persuasif dalam setiap proses komunikasi untuk menemukan solusi melalui meeting tersebut.

DJAJENDRA

%d bloggers like this: