KUALITAS INVESTASI ANDA DITENTUKAN OLEH KECERDASAN DARI KUANTITAS PENGETAHUAN BERINVESTASI ANDA BUKAN OLEH RAYUAN ORANG LAIN.

Pertanyaan.

Investasi yang seperti apa yang  tidak berisiko, karena selama ini banyak rekan2 diluaran sana tertipu dengan Investasi yang ditawarkan?

Djajendra Menjawab.

Setiap investasi pasti memiliki risiko, dan kita harus dapat memahami bahwa kehilangan atau kerugian adalah bagian dari permainan investasi.

Oleh karena itu,  sebelum melakukan sebuah investasi, pelajari secara sungguh-sungguh terhadap benda yang ingin Anda investasikan tersebut.

Pahami pola dan sifat dari produk yang ingin Anda investasikan tersebut. Pastikan Anda tidak mudah tergiur oleh janji-janji untung besar dari siapapun atau dari manapun.

Miliki keunggulan intuisi terhadap benda atau produk yang ingin Anda investasikan, dan miliki kemampuan kreatifitas investasi yang berisiko rendah.

Bila Anda belum memiliki keunggulan intuisi dan kreatifitas dalam berinvestasi, maka sebaiknya tunda dulu rencana investasi Anda.

Dan, mulailah belajar, jadilah murid yang sangat rajin dan tekun untuk mempelajari seluk-beluk investasi tersebut, ikuti perkembangan pasar, ikuti semuanya dengan sangat sabar, tanpa melakukan tindakan apa-apa. Anda cukup menjadi penonton setia yang cerdas menganalisa semua permainan investasi yang Anda minati.

Lalu,  lakukan evaluasi diri secara terus menerus untuk memahami pertumbuhan kualitas diri Anda terhadap pengetahuan berinvestasi.

Bila Anda sudah merasa cerdas dalam berinvestasi, maka tidak ada satu orangpun yang bisa membohongi Anda soal investasi.

DJAJENDRA