EMOSI MARAH MASIH SUKA MELEDAK-LEDAK WALAU SUDAH BELAJAR KECERDASAN EMOSIONAL

Pertanyaan.

Saya pemilik perusahaan yang sudah belajar kecerdasan emosional dari banyak buku, tulisan, dan pelatihan. Tapi, emosi saya masih suka meledak-ledak saat menegor dan memarahi karyawan. Bagaimana caranya agar emosi saya lebih terkendali, apa yang harus saya lakukan, mohon pencerahannya.

Djajendra Menjawab

Saya senang Anda sangat jujur dan telah memahami persoalan emosional diri Anda. Anda juga sangat memiliki kesadaran untuk mencerdaskan emosional dan telah menjadi pembelajar yang terus belajar untuk mencerdaskan emosional melalui berbagai sumber.

Puluhan tahun yang lalu, saya pernah mengunjungi sebuah pantai yang dipinggirnya ada sebuah bukit cadas yang sangat kuat. Tahun lalu, saya berkesempatan untuk mengunjungi kembali bukit cadas di pinggir pantai tersebut. Tetapi, saat sampai di pantai, saya tidak lagi menemukan bukit cadas, saya hanya menemukan laut yang cerdas mengikis bukit cadas tersebut. Abrasi atau pengikisan daratan oleh air laut atau air sungai adalah contoh nyata bahwa sekokoh apa pun sesuatu, bila tidak dirawat dan dikelola dengan baik, maka dia akan rusak.

Demikian juga dengan kecerdasan emosional diri, sekokoh apa pun kecerdasan emosional diri. Tapi, bila tidak dirawat dan dikelola bersamaan dengan emosional sosial dan emosional orang lain, maka emosional negatif  yang bersumber dari luar diri akan menjadi semacam abrasi yang secara sedikit demi sedikit akan mengikis kecerdasan emosional diri yang telah dilatih dengan sempurna.

Penyebab emosi marah yang meledak-ledak itu bersumber dari ketidaksetujuan diri terhadap perilaku dan sikap dari karyawan. Akibatnya, setiap hari secara perlahan-lahan, tanpa dapat disadari, emosional yang tidak cerdas dari para karyawan menjadi semacam abrasi yang mengikis emosi cerdas Anda.

Oleh karena itu, mulai sekarang yang belajar dan berlatih kecerdasan emosional jangan lagi Anda sendirian, tapi libatkan seluruh karyawan agar mereka juga bisa mencerdaskan emosional diri masing-masing, yang pada akhirnya akan dapat disinergikan atau dikolaborasikan dengan semua emosi baik di dalam perusahaan. Dan, harmonislah kehidupan kantor Anda, Anda juga tidak perlu lagi marah-marah.

DJAJENDRA