BAGAIMANA CARA SAYA MENGATASI JIWA YANG SEPI?

BAGAIMANA CARA SAYA MENGATASI JIWA YANG SEPI?

Djajendra Menjawab

Jiwa adalah hasil leburan antara pikiran dan perasaan yang menyatu secara solid. Bila Anda merasakan jiwa Anda sepi berarti Anda tidak memberikan kesibukan atau pekerjaan kepada pikiran dan perasaan Anda. Hasilnya, jiwa Anda menjadi sepi, padahal mungkin raga Anda terlihat sangat sibuk dan bergerak kesana-kemari.

Anda harus memulainya melalui kesadaran diri tertinggi Anda. Lalu, menyiapkan pekerjaan untuk pikiran dan perasaan Anda. Setelahnya, menyibukkan pikiran dan perasaan Anda untuk bersikap lebih kreatif, dan mau menerima nilai-nilai kehidupan seperti yang Anda angankan.

Saat pikiran dan perasaan Anda mulai sibuk bekerja, maka saat itu jiwa Anda akan tumbuh dan berkembang sesuai perintah Anda.

Membangun kesadaran diri tertinggi untuk mengelola pikiran dan perasaan bukanlah persoalan mudah. Diperlukan pengetahuan, teknik, dan kemauan yang sangat luar biasa.

Saran saya, sebelum Anda mulai menginternalisasikan nilai-nilai untuk membuat jiwa Anda tidak kesepian, Anda sebaiknya memahami dulu tentang perilaku dari pikiran dan perasaan Anda.

Gunakan akal sehat dan pengetahuan kecerdasan emosional. Khususnya, emotional intelligence personal skills. Dengan demikian, Anda memiliki pengetahuan untuk membimbing proses pembelajaran Anda dalam upaya membuat jiwa Anda tidak kesepian lagi.

DJAJENDRA