Jati Diri

Pertanyaan

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Jati Diri?

Djajendra Menjawab

Jati Diri adalah kata lain dari karakter diri. Jati diri terbentuk dari nilai-nilai, prinsip-prinsip, norma-norma, persepsi, keyakinan, logika berpikir; baik yang berasal dari kemauan diri sendiri, pengaruh dari berbagai kekuatan sumber pengetahuan hidup, serta dari kekuatan sosial lingkungan hidup kita. Kesemuanya itu akan melebur ke dalam diri menjadi jati diri atau karakter diri yang akan terlihat berwujud melalui sifat, perilaku, kebiasaan, dan penampilan diri.

 

JANGAN MENOLEH KEBELAKANG UNTUK MENATAP KECEWAMU

Saat dirimu berada di tengah kekecewaan, fokuskan semua perhatianmu kepada kekuatan hidup yang bisa membuatmu menjadi lebih ikhlas untuk menerimanya.

Siapkan mental sadarmu untuk mengeluarkan dirimu dari perangkap rasa kecewa. Dan, biarkan rasa kecewamu terhapuskan oleh kekuatan keyakinan dirimu untuk menjadi ikhlas dalam perasaan syukur.

Jangan berikanĀ  ruang dan waktu untuk perasaan kecewamu terus bermain dalam ingatanmu. Nanti, dirimu akan letih dalam krisis kebahagiaan.

Bangunlah kekuatan dalam dirimu untuk menjadi magnet penarik kelimpahan kehidupan dangan menyingkirkan dirimu dari kekurangan.

Perkuat energi keyakinan dirimu untuk menyatukan jiwa dan ragamu ke dalam perasaan syukur dan beruntung. Lalu, tinggalkan semua energi kecewa, dan jangan pernah menoleh kebelakang untuk menatap kecewamu.

DJAJENDRA