BEKERJA DENGAN FLEXITIME

“Bekerja Tanpa Terikat Oleh Peraturan Absensi Hanya Dapat Dilakukan Melalui Kesadaran Dan Manajemen Diri Untuk Hasil Kerja Berkualitas Unggul.” – Djajendra

Yth  Bapak Djajendra,

Salam sukses Pak Djajendra! Tuntutan kerja di perusahaan kami adalah kreativitas dan mengharuskan karyawan untuk berinovasi dengan hal-hal baru yang unik. Oleh alasan tersebut, karyawan kami mengharapkan kebijakan bebas absen dengan konsep flexitime. Sebab, pekerjaan kreatif tidak hanya dikerjakan sebatas jam kantor, tapi juga di rumah. Mohon saran dan pendapat pak Djajendra? Terima kasih, Alienty.

DJAJENDRA MENJAWAB

Yth Alienty,

Salam sukses Alienty, terima kasih untuk pertanyaan Anda yang luar biasa. Bila tuntutan kerja di perusahaan Anda adalah kreativitas dan inovasi, maka seharusnya permintaan karyawan Anda tersebut dapat dipenuhi. Sepanjang semua yang dikerjakan dapat diukur secara kualitatif dan kuantitaf  sesuai target yang diberikan, maka masalah cara kerja dengan flexitime tidak akan berpengaruh terhadap hasil akhir yang Anda harapkan.

Hal terpenting yang harus diatur dalam konsep kerja flexitime adalah standar, etika, dan integritas terhadap pekerjaan dan perusahaan. Biasanya, diperlukan kesadaran diri yang tinggi dari karyawan untuk bekerja melalui manajemen diri yang berkualitas agar dapat berproduktivitas secara optimal, walau tidak berada di jam kerja kantor. Di samping itu, perusahaan harus mengawasi komitmen karyawan  dalam menjalankan semua perencanaan terhadap pekerjaan untuk menghasilkan inovasi-inovasi sesuai harapan. Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat untuk keberhasilan bisnis Anda. Terima kasih.

Salam,

Djajendra