Jangan Pernah Mencari Setitik Celah Untuk Menyalahkan Orang Tua Anda

Jangan Pernah Mencari Setitik Celah Untuk Menyalahkan Orang Tua Anda

Pertanyaan

Yth Pak Djajendra

Saya mempunyai masalah pribadi yang sampai saat ini belum bisa saya atasi. Dari kecil saya memiliki rasa percaya diri yang tinggi, namun dalam hati ini saya selalu menyalahkan orangtua yang tidak bisa mempertahankan kepercayaan diri saya, malah mematahkan semangat dan kreatifitas saya saat itu.

Saya tidak bisa konsentrasi dan gugup saat presentasi atau tampil didepan mereka yang lebih berkompeten dari saya, ditambah lagi timbul perasaan mereka tau saya ini orangnya memang tidak berkompeten untuk tampil, padahal saya yakin bahwa saya bisa tapi seringkali saya kecewa pada diri sendiri kenapa gagal dengan keyakinan saya itu.

Tolong saya pak untuk membangkitkan lagi percaya diri saya yang dulu pernah ada, kalau ada terapi untuk memulihkannya saya ingin mengikuti. – Miss CRT

Djajendra Menjawab.

Yth. Miss. CRT

Terima kasih untuk kepercayaan Anda kepada saya.

Orang-orang yang mencintai orang tuanya dengan sepenuh hati dalam perasaan sayang, cinta, dan kepedulian yang luar biasa pasti akan dilindungi Tuhan dari segala cobaan hidup. Ayah dan Ibu Anda wajib Anda hormati dan layani di sepanjang kehidupan Anda. Jangan pernah mencari setitik celah untuk menyalahkan orang tua Anda. Sebab, sampai kapan pun seorang anak tidak mungkin bisa membalas budi baik orang tua. Hormati orang tua Anda dan berikan cinta sejati Anda kepada kedua orang tua Anda.

Anda di masa kecil telah memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Artinya, orang tua Anda telah menanamkan nilai-nilai kehidupan yang membuat Anda memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Sekarang, Anda merasa suka menyalahkan orangtua yang tidak bisa mempertahankan kepercayaan diri Anda. Artinya, setelah dewasa Anda telah mencari nilai-nilai kehidupan Anda sendiri yang membuat Anda tidak percaya diri. Tetapi, kegagalan ini Anda limpahkan kepada orang tua Anda. Saya sangat yakin persoalan Anda ini lebih disebabkan oleh persepsi, komunikasi, logika berpikir, dan asumsi di antara Anda dengan orang tua Anda. Untuk itu, pertama maafkan diri Anda sendiri yang selama ini telah menyalahkan dan mencurigai orang tua Anda atas hilangnya semangat dan kreatifitas Anda. Kedua, pastikan Anda mulai hari ini juga mereformasi pikiran bawah sadar Anda dengan nilai-nilai kehidupan yang Anda inginkan. Anda adalah apa yang Anda rasakan dan pikirkan setiap detik.

Setiap orang dilahirkan untuk menjadi seperti yang dia inginkan. Bila Anda ingin tampil lebih profesional dan penuh percaya diri, maka berlatihlah siang dan malam dalam keyakinan diri Anda yang luar biasa untuk bisa tampil dengan lebih luar biasa. Yakinkan diri Anda bahwa Anda sangat berkompeten dengan semua hal yang Anda lakukan. Yakinkan diri Anda bahwa Anda dilahirkan untuk meraih semua hal terbaik atas kehidupan dan pekerjaan Anda. Yakinkan diri Anda bahwa orang tua Anda adalah maha guru yang telah mengajarkan Anda untuk selalu mempersiapkan diri menjadi yang terbaik dalam kehidupan Anda. Mulailah sejak detik ini juga berpikir positif dan berperasaan positif terhadap orang tua Anda, dan orang-orang lain di sekitar Anda.

Untuk membangkitkan lagi rasa percaya diri Anda yang dulu pernah ada. Pertama, Anda wajib menyadarkan diri Anda sendiri melalui perasaan cinta dan kepedulian untuk berjuang total meraih semua impian dan harapan Anda. Kedua, jangan pernah membiarkan potensi dan bakat Anda yang luar biasa diambil oleh perasaan ego dan emosi negatif Anda.

Guru yang tepat untuk terapi pemulihan masalah Anda adalah diri Anda sendiri. Oleh karena itu, bertanyalah kepada sang guru yang ada di dalam hati nurani Anda untuk membuat Anda tampil lebih luar biasa dalam semua aspek kehidupan Anda.

Sekian dan terima kasih. Saya doakan Anda selalu sukses bersama kehidupan Anda yang luar biasa.

Salam,

Djajendra