Pemimpin Yang Tidak Mau Mendengar

Pertanyaan

Jika kita baru mau kasih pandangan tapi pimpinan langsung tidak mau dengar, pergi begitu aja, malahan langsung main ganti orang aja. Pemimpin bagaimanakah dia dan kepemimpinan apa yang dia pakai? Tarida

DJAJENDRA MENJAWAB

Terima kasih untuk pertanyaan Anda yang luar biasa.

Kepemimpinan selalu menghadirkan begitu banyak karakter. Pemimpin yang Anda sebutkan di atas adalah pemimpin yang kurang percaya diri. Pemimpin yang kurang percaya diri akan menciptakan banyak konflik di internal organisasi. Termasuk, konflik batin yang Anda rasakan saat ini.

Kepemimpinan apa yang dia pakai? Pemimpin yang kurang percaya diri biasanya akan menjadi diktator yang menjalankan organisasi dengan sikap curiga,tanpa toleransi, tanpa empati, tanpa cinta, tanpa tanggung jawab, tanpa integritas, tanpa etika, tanpa moralitas, dan tanpa kepedulian. Dia akan memimpin sambil mencurigai setiap orang, selalu memproteksi diri sendiri secara berlebihan, tidak suka dikritik, dan sangat senang dipuji.

Bila Anda bekerja dengan pemimpin seperti yang Anda sebutkan di atas, Anda harus menyesuaikan diri Anda dengan karakter kepemimpinan tersebut. Caranya, sempurnakan kecerdasan emosional, kecerdasan komunikasi, dan kecerdasan sikap baik Anda. Semua ini tidak mungkin Anda lakukan secara instan, tapi diperlukan waktu bertahun-tahun. Pastikan mulai hari ini Anda membangun kepribadian diri Anda yang sabar, tegar, kokoh, dan tak tergoncangkan oleh karakter kepemimpinan negatif seperti apa pun. Selamat mencoba!