Bonus Atau Saham Untuk Pegawai?

1. Jelaskan Mengapa Perusahaan Memberikan Bonus Atau Saham Kepada Pegawainya? – Herman, Koran SINDO

Djajendra Menjawab

Perusahaan memberikan bonus  kepada pegawai, karena perusahaan ingin mempertahankan pegawai-pegawai terbaik. Perusahaan memberikan saham kepada pegawai, karena perusahaan ingin mengikat pegawai tersebut sebagai pemilik atau mitra dalam bisnis. Pemberian saham biasanya dilakukan terhadap para pegawai yang memiliki jaringan pemasaran yang luas, atau terhadap para pegawai dengan skill langka yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Pemberian saham merupakan pilihan akhir, kalau memungkinkan perusahaan akan bertahan sebatas bonus.

2. Menurut Pandangan Anda, Pada Saat Apa Perusahaan Memberikan Bonus Kepada Pegawai, Dan Pada Saat Apa Memberikan Saham Kepada Pegawai? – Herman, Koran SINDO

Djajendra Menjawab

Perusahaan memberikan bonus kepada pegawai pada saat keuntungan meningkat dan semua target tercapai dengan optimal. Perusahaan memberikan saham kepada pegawai pada saat perusahaan ingin menahan pegawai – pegawai inti, tapi perusahaan tidak mampu bersaing dengan perusahaan lain dalam hal kompensasi atau gaji. Hal ini terjadi di saat perusahaan mengalami masalah cash flow, dan memiliki rencana-rencana jangka panjang yang menjanjikan keuntungan.

3. Mana Lebih Baik Apakah Memberikan Bonus Kepada Pegawai Atau Saham? – Herman, Koran SINDO

Djajendra Menjawab

Sangat tergantung kepada visi perusahaan. Kalau memberikan bonus berarti perusahaan memenuhi insentif keuangan untuk menahan pegawai dalam jangka pendek. Kalau memberikan saham berarti perusahaan memenuhi perasaan kepemilikan pegawai dan dapat mengikat pegawai selamanya bersama perusahaan.

4. Apa Kelebihan Dan Kelemahan Bila Memberikan Bonus? Apa Kelebihan Dan Kelemahan Bila Memberikan Saham? – Herman, Koran SINDO

Djajendra Menjawab

Kelebihan dari memberikan bonus adalah bahwa bonus sangat disukai oleh pegawai, dan bonus dapat menjadi alat untuk meningkatkan motivasi dan gairah kerja pegawai dalam meningkatkan pencapaian target – target perusahaan.  Kelemahan dari pemberian bonus adalah bahwa bonus bersifat insentif jangka pendek, dan tidak menjadi jaminan untuk menghindarkan pengunduran diri dari pegawai – pegawai terbaik.

Kelebihan dari memberikan saham adalah bahwa perusahaan dapat menjamin operasional bisnisnya dalam jangka panjang bersama para karyawan berkualitas. Kelemahan dari memberikan saham adalah di saat muncul konflik kepemilikan, dan  biasanya para pendiri atau pemegang saham mayoritas yang menang.

5. Menurut Pandangan Anda, Pada Saat Ini Perusahaan Lebih Banyak Memberikan Saham Atau Bonus Kepada Pegawai, Mengapa? – Herman, Koran SINDO

Djajendra Menjawab

Menurut pengetahuan saya, pada saat ini kebanyakan perusahaan masih lebih suka memberikan bonus kepada para pegawainya daripada memberikan saham. Alasannya, pendiri perusahaan masih belum mau berbagi hak kepemilikannya dengan orang lain, termasuk dengan pegawainya. Kondisi ini harus bisa dipahami karena kebanyakan perusahaan tersebut adalah perusahaan milik sebuah keluarga dengan dominasi mutlak dari para pendiri dan turunannya. Tetapi, ada juga perusahaan yang memberikan saham dengan kesadaran untuk mengikat pegawai-pegawai terbaik agar menjadi lebih setia dan membantu mengembangkan perusahaan.

Untuk konsultasi kirim E-mail: konsultasi@djajendra-motivator.com