Lean Six Sigma Meningkatkan Kinerja Dan Keuntungan?

”Temukan Apa Yang Orang Inginkan Dan Bangunlah Itu Bagi Mereka.” – Walt Disney

Pertanyaan?

Dear Pak Djajendra,

Saya mau nanya, apakah perusahaan yang di jalankan dengan model bisnis Lean Six Sigma bisa meningkatkan kinerja dan keuntungan? Mohon pencerahannya, terima kasih. Judika, Jakarta.

Djajendra menjawab!

Dear Judika,

Sesungguhnya konsep Lean Six Sigma hanya berbeda tipis dengan konsep Total Quality Management. Di mana, konsep Lean Six Sigma ini digunakan sebagai alat untuk meningkatkan kualitas perusahaan di semua aspek.

Jadi, saat Anda mengimplementasikan konsep Lean Six Sigma di perusahaan Anda, Anda harus fokus untuk memenuhi semua kebutuhan internal perusahaan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada stakeholder. Di sini, Anda harus memiliki komitmen untuk mendengarkan dan memenuhi semua harapan dan kebutuhan dari karyawan, pelanggan, pemilik saham, dan kebutuhan bisnis itu sendiri.

Memang telah banyak kisah sukses yang diceritakan oleh perusahaan-perusahaan multinasional besar dengan konsep Lean Six Sigma. Persoalannya, saat-saat krisis seperti sekarang ini, tidak semua perusahaan multinasional itu mampu menghasilkan kinerja dan keuntungan. Mungkin dalam kondisi dan situasi ekonomi yang sehat, konsep Lean Six Sigma mampu menjadi sistem yang memberikan kinerja dan keuntungan buat perusahaan.

Saya percaya, Lean Six Sigma merupakan sebuah konsep atau pun sistem manajemen yang sangat baik. Persoalannya, kinerja dan keuntungan perusahaan tidak hanya ditentukan oleh kehebatan sebuah model bisnis, konsep bisnis, atau pun oleh sebuah sistem manajemen yang hebat. Kinerja dan keuntungan perusahaan sangat dipengaruhi oleh berbagai situasi dan kondisi bisnis, ekonomi, dan pasar. Sekian dulu ya, Judika, have a great day!

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com