Persiapan Untuk Mencari Pekerjaan

”Bekerja Dengan Baik Artinya Bekerja Dengan Mencapai Target Dan Memenuhi Standar Kerja.”- Djajendra

Pertanyaan?

Yth Bapak Djajendra,

Persiapan seperti apa saja yang harus dilakukan pencari kerja agar mudah mendapatkan pekerjaan yang disukai? Mohon tips dan triknya, pak. Terima kasih, Vinna Dema

Djajendra Menjawab!

Dear Vinna Dema,

Setiap pencari kerja wajib mempersiapkan diri dengan pengetahuan, wawasan, emosi, mental, dan fisik yang sesuai dengan kualifikasi dari pekerjaan yang disukai tersebut. Dan juga memahami apakah pekerjaan tersebut bisa menjadi jembatan emas buat karir Anda di masa depan? Jangan sampai setelah bekerja beberapa tahun Anda mulai jenuh dan bosan dengan pekerjaan tersebut.

Langkah selanjutnya, buat perencanaan yang baik untuk mencari peluang dan kesempatan kerja yang tersedia di pasar kerja. Anda bisa memonitor lowongan kerja di surat kabar, majalah, internet, teman, headhunter, keluarga, atau pun melakukan hubungan langsung dengan perusahaan yang Anda sukai. Bila Anda belum memiliki pengalaman kerja. Saran saya, terimalah pekerjaan apa pun sepanjang pekerjaan itu baik dan tidak merugikan reputasi Anda, yang penting Anda tidak boleh membohongi kemampuan diri sendiri. Pelajari jenis-jenis pekerjaan yang ada lowongannya. Pelajari juga karakter dan reputasi dari perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan kerja tersebut. Jika Anda yakin terhadap jenis pekerjaan yang Anda sukai, dan jika Anda yakin pada kebaikan perusahaan yang membuka lowongan kerja tersebut, maka tidak ada alasan buat Anda untuk tidak melamar pekerjaan tersebut. Buat surat lamaran kerja yang baik dan jelas tentang kompetensi dan karakter kerja yang Anda miliki. Lalu, kirim surat lamaran tersebut ke bagian yang tepat di perusahaan yang Anda sukai, kemudian siapkan diri Anda untuk menghadapi setiap tahapan proses masuk kerja: seperti test, interview, dan masa orientasi kerja.

Jangan lupa untuk melakukan penilaian atas kepantasan diri Anda terhadap sebuah pekerjaan. Lakukan penilaian terhadap karakter dan kompetensi diri Anda secara jujur oleh Anda sendiri. Pahami jenis kerja dan karakter kerja yang sesuai dengan hati nurani Anda. Pahami pengalaman-pengalaman masa lalu Anda yang terkait dengan pekerjaan dan pendidikan Anda. Pahami semua keterbatasan dan kelebihan yang Anda miliki. Pahami secara baik tugas dan kualifikasi dari pekerjaan tersebut sebelum Anda memutuskan untuk melakoninya.

Anda harus memiliki mind set bahwa apapun jenis pekerjaan yang Anda terima, Anda wajib bekerja dengan konsisten tanpa terpengaruh oleh suasana hati, lingkungan kerja, lingkungan rumah, kondisi cuaca, kondisi tubuh. Jadi, mind set Anda itu tidak boleh memiliki alasan – alasan untuk tidak bekerja secara optimal atau pun suka menunda-nunda pekerjaan. Sekian dulu ya, Vinna Dema. Thanks, have a great day!

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com