Menanamkan Etos Kerja Kepada Karyawan

”Etos Kerja Itu Bukan Sekedar Sebuah Budaya Kerja, Tapi Merupakan Pekerjaan Mental Untuk Menjadi Lebih Berkinerja.” – Djajendra

Pertanyaan?

Yth Bpk Djajendra,

Kami adalah perusahaan jasa boga (UKM), sekarang ini manajemen perusahaan kami kelola sendiri dengan di bantu sekitar 60 karyawan, dan 40% dari karyawan masih punya hubungan keluarga. Yang ingin kami tanyakan, bagaimana cara menanamkan etos kerja yang berkinerja tinggi kepada karyawan? Terima kasih. D Kesuma – Solo

Djajendra Menjawab!

Yth D Kesuma – Solo,

Etos kerja berkinerja tinggi artinya karyawan memiliki kompetensi dan komitmen untuk bekerja total dengan cara merencanakan, mengorganisir, memecahkan masalah, dan berkomunikasi kepada manajemen secara profesional. Selanjutnya untuk membangun etos kerja yang berkinerja tinggi. Pertama, perusahaan harus dikelola dengan visi, misi, dan nilai yang jelas; dengan dukungan SOP yang sederhana dan tepat sasaran. Kedua, mind set karyawan harus di isi etika dan motivasi untuk meningkatkan semangat kerja dengan tujuan meningkatkan kepuasan pelanggan. Ketiga, walaupun 40% dari karyawan masih memiliki hubungan keluarga, tetapi manajemen perusahaan harus di jalankan dengan panduan etika bisnis, code of conduct, prinsip good corporate governance yang profesional dan dinamis. Keempat, pastikan manajemen mengutamakan kompetensi dan komitmen dari karyawan untuk bekerja dengan kinerja tinggi.

Usaha jasa boga membutuhkan kreatifitas dan pelayanan berkualitas tinggi. Untuk itu, pastikan Anda mampu mentransformasikan nilai-nilai pelayanan berlandaskan sikap baik dan niat baik. Termasuk, maksimalkan semua upaya untuk membangun kesadaran karyawan, agar karyawan mampu menciptakan sebuah etos kerja yang bervisi untuk mendapatkan dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Sebab, kinerja tinggi hanya akan dihasilkan saat perusahaan memiliki banyak pelanggan dengan keuntungan maksimal. Sekian dulu,ya, D Kesuma. Have a great day!

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com