Membuat Karyawan Fresh Graduates Bekerja Dengan Kualitas Terbaik

Pertanyaan?

Yth Bapak Djajendra,

Setelah melakukan rekrutmen fresh graduates untuk berbagai posisi dan jabatan kerja di perusahaan. Training seperti apa yang seharusnya kita berikan kepada mereka. Mengingat mereka baru selesai kuliah S1 atau S2. Apa yang harus perusahaan lakukan, agar para karyawan baru yang fresh graduates ini bisa bekerja dengan kualitas terbaiknya? Terima kasih, Santy, Jakarta.

Djajendra Menjawab!

Dear Santy,

Para karyawan baru yang baru selesai kuliah pasti telah banyak belajar tentang teori, konsep, dan hal-hal normatif tentang bisnis dan organisasi. Artinya, perusahaan tidak perlu lagi mengajarkan hal-hal yang telah mereka pelajari sekian tahun di bangku kuliah. Oleh karena itu, setelah perusahaan memastikan bahwa para fresh graduates ini telah memiliki fondasi pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan rencana kerja perusahaan. Maka selanjutnya, perusahaan wajib mendidik para fresh graduates ini untuk terbiasa dengan visi, misi, value, budaya, kepemimpinan, manajemen, organisasi, produk, jasa, sop, etos kerja, etika, core values, bisnis, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan semangat perusahaan. Artinya, fokuskan pelatihan para fresh graduates ini untuk mempelajari perusahaan dengan total, agar mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menjalankan dan melayani fungsi dan peran kerja mereka masing-masing dengan professional dan berintegritas.

Lakukan penginternalisasian core value perusahaan dan keterampilan kerja yang sesuai dengan SOP perusahaan. Jadikan SOP sebagai materi untuk melatih keterampilan kerja para fresh graduates, dan jadikan panduan etika bisnis, code of conduct, dan core value sebagai materi pelatihan etos kerja perusahaan. Artinya, saat para fresh graduates ini sudah mampu memahami dan menjadikan SOP dan core value sebagai panduan dalam melayani perusahaan dan pelanggan, maka secara otomatis para fresh graduates tersebut sudah bisa bekerja dengan kualitas kerja yang sesuai dengan semangat perusahaan. Selain itu tanamkan juga nilai-nilai moral, spiritual, dan etika kepada para fresh graduates.

Gunakan para pengajar dari internal perusahaan untuk mengajarkan keterampilan kerja, dan gunakan para pengajar dari luar perusahaan untuk mengajarkan nilai-nilai etika, moral, dan pembentukan karakter karyawan baru tersebut sesuai dengan core value perusahaan. Perilaku kerja para fresh graduates tersebut harus sama dengan semangat core value perusahaan dan harus sesuai dengan SOP perusahaan.

Dalam pembekalan terhadap para fresh graduates,  perusahaan harus memahami setiap kebutuhan, lalu secara tegas menginternalisasikan semua tatacara kerja dan nilai-nilai kerja yang dibutuhkan perusahaan dalam melayani semua pihak. Jangan mendidik para fresh graduates ini untuk melakukan sebuah tindakan, tapi didik mereka untuk memahami semua kebutuhan perusahaan untuk kemudian mencari solusi-solusi terbaik buat keberhasilan perusahaan. Sekian dulu ya, Santy! Thanks and Have a great day!

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com