Training Yang Paling Tepat Buat Karyawan Dalam Situasi Krisis

”Berlatihlah Setiap Hari Untuk Membuat Kualitas Diri Tetap Dalam Kondisi Prima.” – Djajendra

Pertanyaan?

Yth. Bapak Djajendra,

Kami sebuah perusahaan dengan jumlah karyawan sekitar 3000 orang. Dalam setahun rata-rata kami melakukan inhouse training bisa lebih dari 30 x. Sekarang ini perusahaan melakukan kebijakan ikat pinggang, dan kami harus menyesuaikan budget dengan lebih efisien di semua bidang. Termasuk untuk pengeluaran biaya training. Pertanyaannya, jenis-jenis training apa yang paling tepat buat karyawan dalam situasi krisis seperti sekarang ini? Adakah saran dari bapak djajendra? Terima kasih. Astried, Surabaya.

Djajendra Menjawab!

Dear Astried,

Di masa krisis seperti sekarang ini sangat penting buat perusahaan untuk menjaga semangat, produktifitas, kreatifitas, dan kebersamaan dari setiap orang di perusahaan untuk berjuang dan bekerja keras mengatasi krisis yang ada.

Budget yang ketat tidak boleh menghalangi program pelatihan yang telah dimiliki perusahaan. Sebab, setiap program pelatihan pasti telah direncanakan untuk meningkatkan kualitas dan potensi karyawan buat menghadapi masa depan organisasi dan bisnis yang lebih cemerlang.

Setiap program training yang dibuat harus mampu merubah mind set karyawan untuk mau menjadi lebih antusias dalam melayani perusahaan dan customer.

Tentang jenis-jenis training yang paling tepat buat karyawan pada masa krisis seperti sekarang ini, adalah jenis training yang didisain untuk menolong para karyawan menjadi lebih fokus dan produktif terhadap pekerjaan, membangun mind set karyawan untuk menjadi lebih baik dalam melayani customer, menjaga keseimbangan diri dalam menghadapi tekanan kerja di perusahaan, membangun rasa percaya diri terhadap keterampilan dan kompetensi yang dimiliki saat ini, dan kesadaran untuk mengeksplorasi semua potensi tidur dalam diri menjadi aset yang berharga buat perusahaan dan diri sendiri.

Perusahaan juga harus bisa mengidentifikasi tentang siapa-siapa saja atau unit kerja mana saja yang paling perlu untuk fokus dan menjadi lebih produktif dalam melayani customer dan perusahaan. Setelah diidentifikasi, perusahaan harus memprioritaskan orang-orang atau unit kerja tersebut untuk diberikan porsi training yang lebih banyak. Training yang tepat sasaran pasti akan memberikan dampak langsung buat membantu perusahaan dalam meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan kepada customer dan shareholder. Termasuk mengatasi ancaman krisis menjadi peluang yang menguntungkan.

Sekian dulu, Astried. Have a great day!

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com