Kumpulan Tanya Jawab Djajendra Untuk Majalah Cosmopolitan

”Setiap Kenyataan Yang Kita Hadapi Tidaklah Sepenting Sikap Kita Terhadapnya, Karena Sikap Itulah Yang Menentukan Kesuksesan Atau Kegagalan Kita.” – Dr. Norman Vincent Peale

Pertanyaan ?

1. How to make an effective communication if we dealing with outdoor activity. seperti pekerjaan polisi, pilot, fotografer, reporter sekalipun. bagaimana membangun komunikasi yang efektif dengan atasan, peraturan kantor, publik yang terlibat langsung sedangkan kita diharuskan menghabiskan banyak waktu diluar kantor?

Djajendra Menjawab!

Perkembangan teknologi telepon dan internet saat ini seharusnya mampu mendukung komunikasi yang efektif dengan atasan, termasuk mematuhi peraturan kantor secara jujur. Saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan yang aktifitasnya berada di lapangan, telah menggunakan keunggulan teknologi untuk melakukan komunikasi dan pengawasan terhadap orang-orangnya di lapangan. Jadi, saatnya membangun mind set cara kerja baru dengan dukungan teknologi komunikasi yang efektif, agar atasan dan bawahan dapat membangun sinergi yang kuat dalam menyelesaikan setiap tugas dan tanggung jawab.

Pertanyaan ?

2. Bagaimana menyiasati kinerja kita di kantor untuk menghindari konflik dengan rekan sekantor? apabila sudah terjadi konflik dengan rekan kerja sekantor bagaimana kita harus menyikapinya agar tetap bersikap profesional tanpa harus menjadi beban?

Djajendra Menjawab!

Konflik muncul karena kita tidak mampu bersikap baik kepada orang lain. Untuk itu, kita harus melatih pikiran positif untuk melihat orang lain dari sudut pandang positif, kita harus melatih emosi baik untuk merasakan sikap orang lain sebagai hal yang wajar dan positif. Bila sudah terjadi konflik, sebaiknya kita kembali ke dalam diri kita sendiri untuk memperkuat semua sikap baik dari diri kita, lalu pimpinlah diri sendiri untuk secara ikhlas dan tulus memaafkan teman-teman konflik kita. Kendalikan ego dan nafsu diri sendiri. Jadilah pribadi baik hati yang selalu menjauh dari situasi konflik.

Pertanyaan ?

3. Ketika kita mempunyai ide yang bisa dibilang cemerlang, dan rekan kerja semua sudah sangat menyetujui ide tersebut akan tetapi ketika kita menyampaikannya kepada si bos, si bos menolak ide kita. Semua karyawan sangat menyesali keputusan si bos, karna baik mereka ataupun saya sekalipun menganggap ide ini sangat cemerlang dan berguna untuk perusahaan. apa yang harus dilakukan?

Djajendra Menjawab!

Bersyukurlah saat Anda semua memiliki ide-ide cemerlang untuk memajukan perusahaan Anda. Dan saya yakin si bos juga di dalam hatinya pasti salut sama Anda semua. Tetapi, Anda semua perlu berbesar hati dan berpikiran positif untuk tidak memaksa kehendak agar ide-ide Anda diterima oleh si bos. Pahami persepsi si bos tentang ide-ide cemerlang tersebut, sebab mungkin saja saat ini ide-ide tersebut belum saatnya untuk diterapkan di kantor Anda. Jadi, tetaplah bekerja dengan motivasi tinggi, miliki sikap sabar, dan kembangkan diri Anda untuk menjadi pribadi yang berpikir positif dan beremosi baik.

Pertanyaan ?

4. kiat-kiat atau tips yang bisa dilakukan untuk membangkitkan mood bekerja ditengah setumpuk masalah pribadi yang mengganggu pikiran.

Djajendra Menjawab!

Saat setumpuk masalah pribadi mengganggu pikiran, maka fokuskan pikiran Anda kepada hal-hal yang membahagiakan hati. Ingat, mood yang baik tercipta dari tubuh yang sehat, pikiran positif yang dinamis, dan emosi diri yang baik.

Berikut tips untuk meningkatkan mood positif:

1. Saat mood kacau, bayangkan hal-hal terindah dalam hidup Anda. Lalu, tersenyum dan tertawalah bersama kehidupan Anda yang unik dan lucu.

2. Bacalah buku atau tulisan yang mampu memberikan energi positif ke dalam diri Anda.

3. Ciptakan kondisi yang membuat diri Anda rileks, bersikap baik, dan bersyukur dengan realitas hari ini.

4. Kembangkan mind set untuk menjadi sabar, konsisten, fokus, dan memotivasi diri sendiri dengan rasa syukur. Lalu, fokuskan diri untuk meningkatkan kualitas emosi baik dan pikiran positif.

Catatan: Tanya-Jawab ini di buat untuk Majalah Cosmopolitan

untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com