Tim Yang Solid Artinya Saling Mendukung Secara Emosional Dan Profesional Di Setiap Tantangan Kerja

“Jika Anda Bersedia Berpikir Positif Terhadap Hal Apa Pun, Anda Pasti Tidak Akan Melihat Hal-Hal Negatif Di Dalam Hidup Anda.” – Djajendra

Pertanyaan?

Kami bekerja di sebuah tim sales, tapi sering sekali masing-masing individu ingin tampil lebih menonjol dihadapan manajer. Apa yang harus dilakukan agar tim kami selalu solid? Sebagai informasi, walaupun kami bekerja dalam tim, perusahaan memiliki system bonus buat individu yang berhasil menjual lebih. Mohon pencerahannya.Terima kasih. Joy Sukma.

Djajendra Menjawab!

Kalau ingin bekerja dalam sistem tim, maka sistem penilaian kinerja, kompensasi atau bonus haruslah bersifat transparan, adil, jujur, dan penuh tanggung jawab. Bila semuanya jelas, maka sifat ingin menonjolkan diri dihadapan manajer dapat diminimalkan.

Salah satu kekuatan dalam kerja tim adalah bekerja saling bahu-membahu dengan setiap anggota tim lainnya. Sebab, setiap individu dalam tim melakukan perjalanan bersama. Dalam kisah Anda, Anda dan rekan-rekan setim melakukan perjalanan bersama untuk memenuhi target penjualan. Jadi, selama setiap orang berada dalam satu kendaraan, satu tujuan yang sama, maka tidak ada alasan untuk saling membenci atau pun untuk saling berprasangka buruk. Solid artinya kompak secara emosional, lakukan hal-hal yang bisa membuat rekan-rekan Anda menjadi senang dengan cara kerja Anda. Bekerjalah dengan realitas yang ada, lalu jadilah pribadi yang unggul, yang selalu mampu menciptakan energi positif dalam tim.

Perlu dipahami, mungkin saja tidak semua anggota tim memiliki daya tahan dan berkemampuan yang sama. Biasanya, individu-individu dengan berkemampuan intelektual yang rendah akan berupaya memperkuat kekurangannya itu dengan cara-cara emosional, yaitu melalui pendekatan pribadi. Hal ini pasti menciptakan pemandangan yang tidak enak dilihat, seperti yang mungkin Anda alami saat ini di tim Anda. Cara mengatasinya, perusahaan harus memiliki sistem untuk mengetahui batas kemampuan anggota tim. Sebaiknya, jangan memberikan beban kerja yang berlebihan kepada individu-individu yang berkemampuan rendah, nanti hasilnya, mereka hanya akan memfokuskan dirinya untuk mendekati manajer. Sekian dan terima kasih.

www.djajendra-motivator.com