Facebook Mengganggu Etos Kerja?

“Facebook Adalah Alat Komunikasi, Bila Dimanfaatkan Secara Cerdas Dan Penuh Tanggung Jawab, Facebook Akan Menjadikan Anda Sukses Menjalin Hubungan Dengan Orang Lain.” – Djajendra

Pertanyaan?

Saya mau sharing, sekarang ini facebook telah mengganggu etos kerja  di kantor kami. Kehadiran blackberry phone yang memudahkan setiap orang chating melalui facebook dimana saja dan kapan saja telah membuat kinerja pekerja turun. Dampak dari facebook dan BB ini sangat terasa, dan merusak etos kerja yang kami miliki . Mohon pencerahannya. Terima kasih. Dinda

Djajendra Menjawab!

Sesungguhnya facebook dan blackberry adalah alat-alat komunikasi yang bila digunakan secara cerdas akan mampu menjadikan Anda sukses menjalin hubungan dengan orang lain. Persoalannya, sering sekali para pengguna facebook melalui blackberry ini tidak mampu mengendalikan diri, dan terus-menerus keasyikan untuk melayani setiap chating dan  percakapan, yang sebenarnya akan mengurangi efektifitas kerja di kantor.

Saat jam kantor, seharusnya pimpinan dan karyawan tidak main chating – chating an, tapi fokus untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Jelas, untuk semua ini diperlukan disiplin dan rasa tanggung jawab yang tinggi.

Perusahaan harus secara tegas memberikan pencerahan, dan memastikan bahwa setiap pimpinan dan karyawan hanya menggunakan fasilitas blackberry dan facebook  buat kepentingan kantor, di saat jam kantor. Tetapi, bila sudah di luar jam kantor, maka setiap orang boleh chating-chating an dengan siapa pun.

Sekian dan terima kasih.

www.djajendra-motivator.com