Sukses Melalui Jalan Kegagalan

“Perasaan Gagal Adalah Bencana Besar Buat Perjalanan Sukses.” – Djajendra

Tanya?

Yth Bapak Djajendra,

Kenapa saya selalu gagal dalam menjalankan bisnis? Setelah 5 tahun berbisnis sampai hari ini bisnis saya bukannya nambah besar, tapi nambah hutang. Saya selalu berpikir mungkin bakat saya tidak dibisnis dan sering juga putus asa. Strategi apa yang harus saya lakukan, dan mohon pencerahannya? Terima kasih, Dian

Djajendra Menjawab!

Dalam banyak kisah bisnis yang saya ketahui, ternyata banyak pebisnis dan orang-orang sukses harus melalui jalan kegagalan berkali-kali. Walaupun mereka gagal berkali-kali, tapi mereka adalah pribadi-pribadi tangguh yang tidak pernah menyerah untuk berjuang terus, mereka mampu menaklukkan semua kegagalan mereka menjadi kesuksesan yang luar biasa.

Seorang pebisnis yang hebat tidaklah boleh cengeng dan menangisi hari-hari kegagalan. Seorang pebisnis yang hebat adalah magnet sukses yang tidak pernah ada kata gagal di kamus kehidupannya. Seorang pebisnis yang hebat adalah seorang risk taker yang mempelajari setiap kegagalan untuk diubah menjadi kesuksesan berlipat-lipat kali besarnya . Anda adalah seorang pebisnis yang hebat,  jangan lagi putus asa, apalagi berkeluh-kesah oleh hal-hal kecil yang Anda sebut sebagai tidak berbakat. Ubahlah setiap perasaan gagal Anda menjadi tekad untuk mencari peluang-peluang bisnis yang membesarkan Anda dan bisnis Anda.

Apa yang harus Anda lakukan sekarang? Pertama, Anda harus berpikir bahwa Anda adalah pebisnis terbaik dengan antusiasme untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar. Kedua, fokuskan semua energi Anda untuk survive dan membesarkan bisnis, jangan terlalu banyak berencana, tapi kerjakan apapun yang dapat Anda kerjakan untuk tujuan survive sambil tetap membesarkan bisnis.

Sekian dan terima kasih