Evaluasi Kerja

Tanya: Kapan kita harus lakukan evaluasi kerja?

Djajendra Menjawab : Sebaiknya setiap 3 atau 6 bulan sekali, paling lama setahun sekali, tetapi dalam setiap evaluasi pimpinan harus berkonsentrasi dengan niat baik untuk membangkitkan kepercayaan diri, semangat, keyakinan, motivasi, dan gairah kerja dari karyawan.

Tanya: Kenapa evaluasi penting untuk kita lakukan?

Djajendra Menjawab: Dengan melakukan evaluasi kita mengetahui sejauh mana kita telah bekerja keras, berjuang, dan berkorban untuk mewujudkan semua impian di dalam karier kerja . Jadi, evaluasi itu adalah alat tempat kita berkaca untuk melihat kualitas kerja, kualitas perjuangan, dan pengorbanan kita dalam mencapai puncak karier.

Tanya: Seberapa besar pengaruhnya pada peningkatan karir kita?

Djajendra Menjawab: Pengaruhnya sangat besar! Di mana, Melalui evaluasi kerja kita bisa mengukur tingkat kesulitan dan kemudahan yang kita hadapi di tempat kerja. Dan selanjutnya, kita bisa bertindak melalui sikap positif untuk memperbaiki semua kekurangan, serta menjaga kualitas atas semua keunggulan yang ada pada diri kita.

Tanya: Perlu nggak kita melakukan evaluasi kerja sendiri dulu sebelum ada evaluasi dari manajemen perusahaan? Bagaimana caranya?

Djajendra Menjawab: Sangat perlu!… Caranya bangunlah keyakinan yang kuat di dalam diri untuk meraih sukses di tempat kerja. Lakukan evaluasi secara jujur terhadap sikap – karakter kerja – pengetahuan – keterampilan – dan wawasan. Untuk itu, buatlah program self evaluation dalam format sederhana, dan lakukan penilaian terhadap diri sendiri secara profesional dan jujur.

Tips untuk ningkatin prestasi kerja!

1.Kenalin karakter kerja Anda, lalu bangunlah keyakinan yang kuat untuk meraih sukses.

2.Jujurlah pada diri sendiri dan hormati boss Anda.

3.Semakin tekun dan ulet Anda bekerja, akan semakin meningkat prestasi kerja Anda.

4.Fokus dan berkonsentrasilah secara detail terhadap semua aspek pekerjaan Anda.

5.Jangan takut terhadap persaingan di kantor. Belajar dan latilah terus kualitas diri Anda secara professional.

6.Bangunlah mental Anda untuk bersikap analitis, terfokus, cerdas, cerdik, baik, dan professional.

7.Selalu belajar mempertajam intuisi positif.

Program Good Morning Hardrockers Show @ Hardrock Radio Bali, Rabu 21 May 2008.