Anda Bukan Seorang Penjilat, Tapi Seorang Profesional Sejati

Tanya?

Yth Bapak Djajendra,

Saya suka merasa sedih memikirkan teman-teman kantor yang sering menggosipkan saya sebagai tukang cari muka atau sebagai seorang penjilat. Padahal saya hanya belajar bersikap profesional untuk melayani perusahaan dan atasan secara memuaskan. Saya suka stres gara-gara digosipkan seperti ini, apa saran pak Djajendra untuk saya. Sekian dulu ya pak dan terimakasih banyak atas bantuannya.
from: Iman Sjahputra, Manager HRD & GE di sebuah pabrik di wilayah Karawang Barat.

Djajendra Menjawab !

Anda sesungguhnya bukanlah seorang penjilat, tapi Anda seorang profesional sejati yang berupaya memanfaatkan semua potensi untuk meraih sukses. Anda tidak perlu stres oleh gosip dan gunjingan orang lain.
Saya selalu berpendapat bahwa istilah penjilat dan cari muka, adalah istilah dari orang-orang yang putus asa, yang tidak mampu berkompetisi secara sehat dengan Anda. Lebih baik menjadi seorang penjilat yang kreatif, produktif, dan efektif daripada menjadi orang yang malas, suka bergunjing, dan tidak bekerja maksimal. Walaupun Anda jadi bahan gosip di antara teman kerja, Anda sebaiknya tidak berkecil hati dan kecewa. Yang penting Anda harus selalu berpikir dan bertindak dengan nilai-nilai profesionalisme yang tinggi dan jangan merugikan siapa pun. Anda harus menunjukkan kualitas diri Anda sebagai pribadi yang merangkul setiap teman kerja Anda. Selamat bekerja dan raih semua impian dengan nilai-nilai kebaikan. Jangan lupa untuk tetap bersemangat.