Emosi Yang Baik Akan Memberikan Penerangan Di Sepanjang Perjalanan Hidup

“Setiap Orang Pasti Berharap Mendapatkan Kedamaian Dan Kenyamanan Di Dalam Hidupnya, Tapi Emosi Negatif Selalu Akan Ada Untuk Merampas Hak Damai Dan Hak Bahagia Dari Setiap Orang.” – Djajendra

Yth Bapak Djajendra,

Dalam kehidupan ini kita selalu terjebak pada praktik kehidupan yang selalu memancing emosi. Sangat mudah berbicara pengendalian emosi. Sangat mudah mendapat penerangan-penerangan untuk meningkatkan kesadaran diri. Tetapi, tidak mudah menghadapi realitas emosi negatif manusia di tengah-tengah masyarakat luas. Mohon pencerahannya, pak! Terima kasih. Tien, Depok.

Djajendra Menjawab!

Yth Tien,

Apa yang Anda katakan benar bahwa sangat mudah berbicara pengendalian emosi, tapi realitas emosi negatif di tengah-tengah masyarakat luas begitu mengancam kenyamanan dan kedamaian hidup.
Yang perlu Anda ingat bahwa salah satu fungsi dari kekuatan emosi baik adalah membuat diri tidak terjebak dan tidak terpancing kepada praktik kehidupan yang didasari oleh kekuatan emosi buruk.
Saya pribadi sangat percaya bahwa pada dasarnya setiap orang pasti berharap mendapatkan kedamaian dan kenyamanan di dalam hidupnya, tapi emosi-emosi negatif selalu akan ada untuk merampas hak damai dan hak bahagia dari setiap orang. Oleh karena itu, pemahaman kecerdasan emosional haruslah lahir dari dalam diri, bukan dari luar diri.
Sangatlah tidak mungkin Anda melakukan pengendalian atas emosi diri Anda berdasarkan realitas masyarakat luas. Anda harus masuk dan menyatu ke dalam diri Anda sendiri untuk mampu mengendalikan emosi diri Anda, dan membuatnya menjadi energi yang seimbang buat kebahagiaan dan kedamaian jiwa terdalam Anda.
Setiap pribadi dilahirkan dengan hak untuk hidup damai dan bahagia. Hak untuk hidup damai dan bahagia hanya akan Anda dapatkan bila Anda mampu
menyatu ke dalam diri Anda sendiri dengan cara memahami diri Anda secara sempurna, serta bertindak berfondasikan emosi baik dan pikiran positif.
Kesadaran diri sendiri untuk menanam benih-benih kebaikan di dalam diri akan menghilangkan kegelisahan batin terhadap bahaya emosi negatif yang berasal dari masyarakat luas.
Sayangnya, sekarang ini banyak orang menderita oleh gangguan emosi negatif karena ketidaktahuan mereka kepada potensi emosi positif yang ada di dalam diri mereka. Untuk itu, diperlukan kesadaran total untuk mau mempelajari ilmu pengetahuan tentang kecerdasan emosional, dengan tujuan agar diri memiliki kesadaran untuk mengeksplorasi semua potensi emosi baik dari dalam diri menjadi fondasi pertahanan mental diri yang tangguh dan kuat.
Jika Anda mampu memanfaatkan semua nilai-nilai kebaikan dari dalam diri Anda melalui pengetahuan terhadap diri sendiri yang sempurna, maka dapat dipastikan Anda akan mendapatkan kebahagiaan, kedamaian, serta kemerdekaan di sepanjang proses perjalanan hidup Anda, tanpa perlu khawatir terhadap realitas emosi negatif manusia di tengah – tengah masyarakat luas. Sekian dulu ya, Tien. Have a nice day!