Cara Mempraktekkan Nilai-Nilai Kehidupan Yang Baik

“Ketika Setiap Hari Anda Menanam Pohon Kebaikan Di Batin Anda, Maka Pohon Kebaikan Itu Akan Terus Tumbuh Menjadi Penghasil Buah Kebaikan Yang Tak Terkalahkan Baiknya.” – Djajendra

Yth Bapak Djajendra,

Apakah itu nilai kehidupan? Bagaimana cara saya mendapatkan nilai kehidupan? Mudahkah untuk menjalankan nilai kehidupan yang baik setiap hari? Keputusan-keputusan seperti apa yang harus saya buat untuk bisa mempraktekkan nilai-nilai kehidupan yang baik? Mohon pencerahannya pak. Terima kasih. Rika, Gianyar, Bali.

Djajendra Menjawab!

Dear Rika,

Ketika Anda dikecewakan oleh orang lain, Anda tidak benci atau pun tidak marah pada orang tersebut. Inilah yang disebut Anda memiliki nilai kehidupan dalam bentuk keseimbangan emosi positif Anda. Ketika hal-hal terburuk menghampiri kehidupan Anda, Anda tetap tenang, tegar, sabar, dan berjuang mencari hal-hal terbaik untuk menghapus hal-hal terburuk tersebut. Inilah yang disebut Anda memiliki nilai-nilai kehidupan dalam bentuk sikap dan karakter diri yang kuat dan positif.
Nilai-nilai kehidupan berarti keyakinan diri untuk memilih jalan kehidupan dengan perilaku, sikap, dan cara-cara yang bisa membuat diri menjadi lebih baik. Sebagai contoh, kehidupan setiap orang sesungguhnya sangatlah singkat, mungkin paling lama seratus tahun. Jadi, jika kehidupan yang singkat ini hanya dihabiskan dengan cara mengkritik perbuatan orang lain, dengan cara mencari-cari kesalahan atas ketidakmampuan diri sendiri, dengan cara mencari seribu satu alasan atas kegagalan yang terjadi, dengan menaruh dendam pada perilaku orang lain, atau pun setiap hari hanya mengingat-ingat kesalahan dan perbuatan tidak baik dari orang-orang lain. Bila hal-hal negatif seperti itu yang Anda lakukan, saya jamin Anda tidak akan pernah merasa damai, bahagia, nyaman, sehat, sukses, dan sejahtera. Intinya, nilai-nilai kehidupan itu bisa dua. Pertama, bisa positif. Kedua, bisa negatif. Apakah Anda mau menjalani kehidupan Anda dengan nilai-nilai negatif? Jika jawaban Anda TIDAK, berarti  setiap hari Anda harus melakukan evaluasi dengan menggunakan nilai-nilai positif Anda sebagai panduan perjalanan kehidupan Anda.
Miliki keteguhan hati untuk tumbuh dan berkembang bersama nilai-nilai kehidupan yang penuh cinta, kasih sayang, disiplin, tekun, ulet, jujur, bertanggungjawab, saling berbagi, melayani, suka membahagiakan orang lain, tegar, sabar, pembelajar, suka berterima kasih, suka bersyukur, fokus pada kebaikan, dan mampu mengendalikan semua energi negatif untuk tidak masuk ke dalam diri Anda.
Menjawab pertanyaan Anda.
Apakah nilai kehidupan itu? Jawaban saya, nilai kehidupan itu ada positif dan ada negatif. Jika Anda memilih nilai-nilai kehidupan positif atau yang baik, Anda pasti menjadi pribadi terbahagia yang terberkati dengan segala kemudahan hidup. Tetapi, jika Anda memilih nilai-nilai kehidupan negatif, maka Anda pasti menjadi pribadi yang terluka dan selalu merasa kecewa, tidak adil, dan takut menghadapi masa depan.
Bagaimana cara saya mendapatkan nilai kehidupan? Jawaban saya, nilai kehidupan didapatkan dari proses pembelajaran seumur hidup, pembelajaran yang difokuskan pada hal-hal yang Anda inginkan. Sebagai contoh, jika Anda menginginkan hal-hal terbaik di dalam kehidupan Anda, maka Anda harus memfokuskan diri Anda untuk belajar menjadi orang terbaik buat kehidupan.
Mudahkah untuk menjalankan nilai kehidupan yang baik setiap hari? Jawaban saya, ketika setiap hari Anda menanam pohon kebaikan di batin Anda, maka pohon kebaikan itu akan terus tumbuh menjadi penghasil buah kebaikan yang tak terkalahkan baiknya.
Keputusan-keputusan seperti apa yang harus saya buat untuk bisa mempraktekkan nilai-nilai kehidupan yang baik? Jawaban saya, keputusan terpenting yang harus Anda buat adalah mendisiplinkan diri Anda untuk menggunakan nilai-nilai positif, walau mungkin pikiran dan perasaan Anda sedang dikepung oleh nilai-nilai kehidupan negatif. Artinya, Anda harus berkomitmen total dan secara konsisten menggunakan nilai-nilai positif dalam situasi dan kondisi apa pun. Sekian dulu ya, Rika, have a great day!