Bisnis Kopi

“Jika Bisnis Anda Berhasil Meyakinkan Konsumen, Anda Tinggal Menjadi Lebih Kreatif Dan Inovatif, Untuk Memperbesar Pangsa Pasar.” Djajendra

Kepada Yth:

Bapak Djajendra,

Pertama-tama saya ucapkan terima kasih atas artikel Bapak mengenai judul di atas. Masalah ini erat kaitannya dengan kondisi perusahaan kami beberapa tahun yang lampau.Dalam hal ini saya ingin memfokuskan pada bagian marketing di perusahaan kami. Di mana saat itu perusahaan hanya memposisikan karyawan sebagai operator saja. Tidak ada kesempatan yang diberikan kepada mereka untuk mengembangkan ide-ide. Sehingga menyebabkan loyalitas karyawan tipis. Tapi puji Tuhan sejak 2 tahun belakangan ini ada perombakan yang terjadi dalam perusahaan kami. Apalagi dengan training yang Bapak berikan kepada perusahaan kami 2 tahun lalu, ini semakin memicu semngat karyawan. Mereka merasa diperlakukan sebagi bagian dari perusahaan. Sehingga berakibat kinerja meningkat dan loyalitas semakin tumbuh.

Sekali lagi terima kasih, Pak.

Salam

Andojo

Djajendra Menjawab!

Kepada Yth: Bapak AndojoSM

Terima kasih, Pak Andojo! Saya sangat yakin dengan semangat bapak Andojo untuk membesarkan bisnis TRI MANGGOLO DENTO. Anda pasti sukses!

HARUMNYA KOPI TRI MANGGOLO DENTO

Enam puluh delapan tahun yang lalu, tepatnya tahun 1940, di kota Surabaya berdirilah sebuah usaha dagang bernama Karya Djaja. Sebuah usaha dibidang perkopian, yang didirikan dengan semangat untuk melayani kebutuhan kopi masyarakat Jawa Timur dan Madura. Setelah empat puluh tahun mengabdi di bidang perkopian nasional, UD Karya Djaja melakukan lompatan besar untuk memodernisasi usaha kopinya, dan tepat pada tahun 1980, UD Karya Djaja berubah nama menjadi PT. Tri Manggolo Dento. Menurut pak Andojo SM, salah satu pimpinan Tri Manggolo Dento, kata Tri Manggolo Dento berasal dari bahasa Jawa yang berarti Tiga Kekuatan Dari Dalam Untuk Menuju Sukses. Di mana makna Tri Manggolo Dento ini terwujud di dalam motto perusahaan yang berasas pada tiga hal. Pertama, pada kekuatan entrepreneurship. Kedua, pada kekuatan antusias untuk sukses. Ketiga, pada komitmen untuk memberikan yang terbaik.
Ketiga motto Tri Manggolo Dento itu dijadikan sebagai arah menuju prestasi dan kinerja yang hebat.
Pada saat ini, Tri Manggolo Dento tidak hanya masih setia melayani masyarakat Jawa Timur dan Madura, tapi telah memperluas jaringan usahanya ke semua kota, kabupaten, dan propinsi di Indonesia, dan langkah-langkah Tri Manggolo Dento ke mancanegara pun tak terhentikan lagi.
Kepemimpinan dan manajemen Tri Manggolo Dento yang efektif, efisien, produktif, kreatif, dan bersinergi ini merupakan rahasia dari kekuatan yang menentukan sukses Tri Manggolo Dento.
Dengan kekuatan kepemimpinan dan manajemen yang solid, Tri Manggolo Dento sedang menuju ke singgasana puncak bisnis kopi Nasional.
Perusahaan yang pada awalnya hanya berkonsentrasi untuk melayani wilayah Jawa Timur dan Madura, dengan merek kopi Glatik, yang ketika itu Kopi Glatik merupakan salah satu merek favorit masyarakat Jawa Timur dan Madura, yang sampai saat ini pun nostalgia masyarakat Jawa Timur dan Madura pada Kopi Glatik masih terasa sangat kental.
Dalam perjalanan panjangnya, Tri Manggolo Dento terus melakukan inovasi dan ekspansi, dan pada hari ini produk-produk Tri Manggolo Dento tidak hanya berhenti pada Kopi Glatiknya, tapi terus melakukan penyesuaian-penyesuaian untuk menjawab kebutuhan konsumen dan pelanggannya. Walaupun krisis ekonomi yang menciptakan daya beli masyarakat semakin rendah, manajemen Tri Manggolo Dento tetap bersemangat dan berkomitmen untuk melayani semua lapisan masyarakat Indonesia dengan kopi berkualitas terbaik dengan harga termurah, daya beli masyarakat yang terus menurun tidak membuat pihak manajemen frustasi dalam menjalankan bisnis kopi yang telah mereka rintis sejak 1940 itu. Niat baik yang tulus untuk melayani kebutuhan kopi masyarakat Indonesia, telah membuat pihak manajemen Tri Manggolo Dento mengambil langkah-langkah strategis untuk bisa tetap survive bersama konsumen dan pelanggannya.
Pada tahun 2003 manajemen Tri Manggolo Dento memutuskan untuk melakukan penetrasi ulang pasar Jabotabek dan Jabar, yang sebenarnya telah menjadi lumbung kekuatan Tri Manggolo Dento setelah Jawa Timur dan Madura. Produk-produk baru hasil pengkajian dan riset mendalam dari manajemen Tri Manggolo Dento telah melahirkan merek kopi bernama Afdol, kopi Afdol ini sengaja dirancang untuk memberikan kualitas kopi nomor satu dengan harga eceran hanya lima ratus rupiah. Jelas, dengan kualitas Afdol yang mantap dengan harga yang super murah itu, pihak manajemen Tri Manggolo Dento kembali memperlihatkan kekuatan intuisi dan pengalaman mereka dalam memanjakan para konsumen dan pelanggannya. Tidak tanggung-tanggung, pada saat ini tiga rasa kopi dengan harga eceran lima ratus rupiah itu, telah menjadi trend yang sukses dipasaran.
Para kompetitor Tri Manggolo Dento tidak hanya bisa menatap kehebatan Tri Manggolo Dento dalam menyiasati daya beli konsumennya, tapi juga semangat dan daya juang dari pimpinan sampai karyawan Tri Manggolo Dento di garis depan pemasaran benar-benar luar biasa kompak dan tangguh.
Semangat untuk belajar dan melatih kompetensi dari pimpinan dan karyawan telah menjadi prioritas yang diharuskan oleh manajemen perusahaan. Tri Manggolo Dento di hari ini terus berbenah diri untuk menjawab semua kebutuhan konsumen dan pelanggannya dengan sikap terbuka dan mau mendengar kebutuhan konsumen.
Pelatihan pemasaran, manajemen, kepemimpinan, dan praktik-praktik korporasi yang hebat terus dilakukan dalam upaya menciptakan daya tahan sumber daya manusianya yang tangguh di semua situasi dan kondisi, serta mendorong semua pimpinan dan karyawan untuk berkinerja optimal.
Kesadaran manajemen Tri Manggolo Dento untuk melakukan pengembangan kualitas dan kompetensi sumber daya manusianya, telah membuat perusahaan ini semakin percaya diri untuk siap dalam arena globalisasi.
Tri Manggolo Dento adalah salah satu contoh perusahaan yang dijalankan oleh tim manajemen yang efektif, efisien, produktif, dan kreatif. Langkah-langkah Tri Manggolo Dento ini sekiranya dapat menjadi inspirasi buat para pebisnis yang sedang pusing oleh turunnya daya beli masyarakat. Tri Manggolo Dento beruntung memiliki tim manajemen dan karyawan yang setia bersama perusahaannya, untuk menjadikan Tri Manggolo Dento sebagai korporasi masa depan yang super efektif dan efisien.