Bekerja Dalam Perusahaan Keluarga, Sama Artinya Bekerja Dalam Sistem Monarki

“Seorang Profesional Sejati Akan Meletakkan Dirinya Dalam Tujuan Untuk Memberikan Hal-Hal Terbaik Buat Perusahaan, Bukan Pada Ambisi Untuk Mengejar Jabatan.” – Djajendra

Pertanyaan?

Yth Bapak Djajendra,

Sudah lebih dari 8 tahun ini, saya bekerja di sebuah perusahaan property yang dimiliki oleh sebuah keluarga. Jujur saja, sebagai seorang profesional, saya bekerja keras untuk meraih jabatan direksi, tapi sejauh ini komposisi anggota direksi 90 % diisi oleh pihak keluarga yang masih memiliki hubungan kerabat, dan sisanya 10% menjadi milik orang luar. Pertanyaan saya, apakah kerja keras saya selama ini memiliki potensi untuk mendapatkan posisi direksi? Terima kasih, pak! From Thomas J W, Jakarta.

Djajendra Menjawab!

Dear Thomas JW,

Bekerjalah tanpa pamrih dengan dukungan hati yang tulus, untuk berdedikasi kepada perusahaan yang telah memberikan kehidupan ekonomi dan karier masa depan.
Ingat! Perusahaan keluarga seperti sebuah sistem monarki. Di mana, dalam sistem monarki kekuasaan selalu harus ada di tangan Raja, dan diwarisi secara turun – temurun untuk menjadi warisan keluarga si Raja. Demikan juga dengan perusahaan keluarga, kekuasaan harus berada ditangan si pendiri, dan diwarisi secara turun-temurun untuk menjadi warisan keluarga si pendiri. Artinya, manajemen perusahaan keluarga pasti akan berjalan secara nepotisme. Dan, tujuan utama keberadaan perusahaan keluarga untuk memenuhi kebutuhan kehidupan ekonomi dan self estem si keluarga besar. Jadi, sebagai seorang profesional sejati, Anda harus memperlihatkan sikap pengabdian yang besar kepada pihak keluarga, tanpa perlu terlalu berambisi untuk mengambil porsi keluarga.
Menjawab pertanyaan Anda, apakah kerja keras Anda selama ini memiliki potensi untuk mendapatkan posisi direksi? Jawaban saya, posisi direksi adalah posisi strategis, dan bila pihak keluarga menganggap Anda sebagai pribadi yang pantas untuk berada di posisi strategis itu, maka Anda pasti mendapatkan posisi direksi tersebut. Jadi, teruslah mengabdi dengan hati dan dedikasi yang tinggi, tanpa terlalu berambisi kepada sebuah jabatan. Sekian dulu ya, Thomas JW, have great day!