Persoalan PHK Tidak Tergantung Kepada Teori Z nya Dr. William Ouchi

“Persoalan PHK Tidak Tergantung Kepada Teori Z, Persoalan PHK Lebih Kepada Persoalan Ekonomi, Financial, Atau Pun Untuk Tujuan Penyegaran Manajemen.” – Djajendra

Pertanyaan ?

Dear Bapak Djajendra,

Apakah teori Z yang digagas oleh William Ouchi mampu mengurangi bencana phk? Dan, apa saja kekuatan dan kelemahannya? Terima kasih, Dodi W – Jakarta.

Djajendra Menjawab!

Dear Dodi w,

Yang saya pahami dari semangat Dr. William Ouchi dengan theory Z nya, adalah membangun loyalitas pekerja melalui mind set pekerjaan seumur hidup. Kalau Anda tanya, apakah teori Z mampu mengurangi bencana phk, jawaban saya adalah belum tentu. Sebab, persoalan phk bukanlah tergantung kepada loyalitas atau konsep pekerjaan seumur hidup, persoalan phk lebih kepada persoalan ekonomi, financial atau pun untuk tujuan penyegaran manajemen.
Kekuatan dari teori Z ini terletak pada upaya perusahaan untuk mengikat karyawan dengan loyalitas tanpa batas, sehingga karyawan diharapkan mau bekerja dalam sikap yang penuh integritas untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Sedangkan kelemahan teori ini terletak pada saat kemampuan perusahaan menurun dalam komitmennya untuk tetap mempertahankan karyawan, apalagi saat ketidakpastian ekonomi merusak sektor financial dan bisnis perusahaan. Sekian dulu, ya, Dodi. Have a great day!