Miliki Total Quality Management Yang Sempurna…

Status: Published . 2008-09-18 @ 19:27:52 by djajendra

Miliki Total Quality Management Yang Sempurna…

Pertanyaan ?

Pa Djay Yth..
Saya salah satu pegawai dr perusahaan leasing, mohon bantuannya & masukkan dari pa Djay mengenai service excellent kpd konsumen seharusnya spt apa yah? bagaimana menurut p Djay sendiri mengenai customer relation management dalam aktifitas kerja di perusahaan kami, adakah ide-ide atau aktifitas maupun perubahan model ruangan pelayanan yg lebih kreatif utk menarik konsumen lebih mudah berinteraksi & berkomunikasi lebih baik lagi dengan pihak kami? sekali lagi saya harapkan saran & bantuannya ya pa.. terima kasih..

Djajendra Menjawab!

Pak Yudi, ada syarat penting sebelum memberikan service excellent kepada konsumen. Syarat tersebut adalah perusahaan harus bersikap total dan penuh integritas untuk memberikan pelayanan berkualitas kepada konsumen. Yaitu, melalui total quality management yang berkualitas di semua aspek kerja organisasi perusahaan. Termasuk, setiap karyawan dan pimpinan di perusahaan harus berorientasi kepada pelayanan konsumen.

Pertanyaan tentang service excellent kepada konsumen seharusnya seperti apa ? Jawaban saya adalah pelayanan berkualitas sempurna yang melebihi harapan para konsumen. Caranya, berikan perhatian, kepedulian, dan kasih sayang kepada konsumen melalui kualitas, harga,  produk, jasa, pelayanan, dan sikap baik .

Anda harus ingat, pak ! Konsumen Andalah yang menghasilkan uang untuk bisnis Anda. Jadi, berikan perhatian kepada konsumen Anda melebihi perhatiaan kepada siapapun dan apapun. Sebab, merekalah kunci sukses bisnis Anda, dan merekalah kunci sukses karier kerja Anda di hari ini dan di masa depan.
Customer Relation Management haruslah bersifat action dari komitmen untuk memberikan service excellent, sebuah action dari semua unit kerja diperusahaan, untuk mendukung secara total kepada semua kebutuhan customer yang bersifat operasional dan non operasional. Untuk usaha leasing, CRM action ini harus mampu menghandle customer enquiries secara profesional, mampu menjadi jembatan yang kokoh dalam membangun win-win solution antara customer dengan company, mampu menjadi suara yang bijak dan penuh perhatian buat customer, dan mampu menerjemahkan semua kebutuhan customer secara bijak dan professional.
Ide dari saya untuk membangun interaksi dan komunikasi dengan konsumen yang lebih baik. Pertama, bangun customer club, berikan atribut, dan buat mereka antusias dan bangga berbisnis dengan Anda. Kedua, bangun sebuah web online customer to customer, dan customer to company. Kerjakan secara profesional agar relasi antara customer dengan customer, dan dengan company bisa terjalin secara lebih erat. Perkuat basis customer Anda dalam wujud customer community yang kuat, solid, dan terorganisir secara sempurna.

Sekian dan terima kasih.

Untuk seminar/training hubungi www.ninecorporatetrainer.com